Indonesia Menang, Tapi Tidak Juara

Tim Indonesia kembali gagal memenuhi ambisinya memboyong Piala AFF, walaupun dalam pertandingan Leg II Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia 2-1, namun secara keseluruhan Indonesia kalah Agregat 4-2 dari Malaysia, karena dalam pertandingan Leg I yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Indonesia mengalami kekalahan 0-3.

Harus menang dengan skor minimal 3-0, Indonesia berinisiatif untuk langsung melakukan serangan dan menekan pertahanan Malaysia dari menit awal. Tempo permainan berlangsung cukup cepat dan Indonesia berhasil membuat beberapa peluang yang membahayakan gawang Malaysia. Peluang emas diperoleh Indonesia pada babak I setelah memperoleh penalti, namun sayang tendangan penalti gagal dieksekusi dengan baik oleh Firman Utina.

Memasuki babak kedua pertandingan, tidak ada perubahan yang cukup signifikan dikedua belah pihak. Indonesia masih tetap melancarkan serangan bertubi-tubi dari barisan sayap kiri dan kanan. Terlalu asyik membantu serangan membuat barisan pertahanan Indonesia menjadi lengah. Melalui serangan balik yang cukup cepat, penyerang Malaysia, M. Safee berhasil membobol gawang Indonesia dimenit ke-54 dan membuat kedudukan menjadi 0-1 untuk keunggulan Malaysia.

Kebobolan satu gol tidak lantas membuat para pemain Indonesia menyerah begitu saja, dan akhirnya pada menit ke-71 melalui kerjasama yang cukup apik, M. Nasuha berhasil membobol gawang Malaysia yang dikawal M. Sabrie. Keberhasilan M. Nasuha membobol gawang Malaysia, semakin melecut semangat para pemain Indonesia lainnya. Pada menit ke-88, melalui sepakan kaki kiri yang cukup keras, M. Ridwan berhasil membobol gawang Malaysia. Namun sampai peluit panjang ditiup skor tidak berubah 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pelatih Alfred Riedl mengatakan, kendati Indonesia tidak juara, namun skuadnya telah menunjukkan permainan luar biasa. Menurutnya 45 menit pertama merupakan babak pertama yang paling terbaik sepanjang piala AFF. Pasukan Merah-Putih sudah main luar biasa, hanya sedikit kurang beruntung, namun kerja keras sepanjang babak telah ditunjukkan para pemain Indonesia, walaupun sempat ketinggalan 0-1 namun mereka mampu bangkit dan mencetak 2 gol balasan.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan apresiasi terhadap perjuangan dan kerja keras pemain tim nasional Indonesia setelah mengalahkan Malaysia 2-1. Walaupun belum berhasil menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, namun tim nasional telah menunjukkan semangat bertanding, kata Yudhoyono yang disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha usai pertandingan tersebut.


Apresiasi juga disampaikan ribuan suporter yang hadir di Stadion Bung Karno. Mereka memberikan acungan jempol dan tepuk tangan kepada Firman Utina dan kawan-kawan saat para pemain meninggalkan Stadion Gelora Bung Karno dengan menggunakan bus usai pertandingan.


Related Posts by Categories



Comments :

0 komentar to “Indonesia Menang, Tapi Tidak Juara”

Posting Komentar