Sepak Bola Sebagai Pemersatu Bangsa

Olahraga sekarang ini telah berkembang sampai begitu banyak macamnya. Dengan olahraga kita bisa menambah banyak pengalaman dan banyak teman. Tak sedikit juga dengan media olahraga dapat mempersatukan berbagai jenis suku bangsa dalam satu kesatuan yang pada masa sekarang ini kesatuan suatu bangsa telah banyak dilupakan oleh masyarakat. Hanya beberapa macam olahraga yang tidak pernah dilupakan oleh banyak orang. Seperti halnya olahraga sepak bola yang merupakan salah satu alat pemersatu bangsa. Sebaiknya kita sebagai penerus dan pengemban amanat bangsa ini kita berharap dapat memajukan segala aspek olahraga sebagai sarana pemersatu bangsa. Sebenarnya tidak hanya olahraga sepak bola saja yang dapat memersatukan bangsa, masih banyak cabang olahraga yang dapat dijadikan ajang pemersatu bangsa antara lain olahraga bola volli, bola basket, renang, lari, hoki, polo air, atletik dan lain sebagainya.

Sebenarnya olahraga tidak hanya sebagai sarana pemersatu saja tetapi manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah badan kita menjadi sehat, mendapatkan banyak pengalaman dan mempererat silaturrahmi. Namun pada kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita jumpai sebagai ajang permusuhan dan perkelahian antar pendukung klub-klub pemain dikarenakan klub yang di support kalah dalam pertandingan maupun karena hal lain. Hal inilah yang sering menjadikan kita prihatin dengan keadaan bangsa kita. Yang seharusnya hal ini dapat menjadi pemersatu bangsa malah menjadikan pemecah mutlak bangsa kita. Seakan-akan kita tidak mengenal satu sama lain jika kita dalam posisi saling membela klub yang kita senangi, yang mulanya musuh bisa menjadi kawan dan saudara sebaliknya yang dari awal saudara malah seketika bisa menjadi musuh hanya karena hal sepele.


Cikal bakal rasa nasionalisme bangsa yang besar dengan beragamnya suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke pernah digunakan sebagai alat perjuangan bagi pemersatu bangsa. Begitu juga dengan olahraga yang telah mempersatukan bangsa begitu jua yang telah membuat permusuhan. Olahraga telah dikenal oleh banyak orang dari zaman dulu sampai sekarang sehingga olahraga ketenarannya tetap terjaga. Begitu banyaknya sesuatu yang dilakukan untuk pemersatuan bangsa lewat olahraga seperti olympiade, pon, asian games dll. Begitu Banyak juga kegiatan, organisasi yang berdiri karena olahraga ini dan berbagai club olahraga. Misalnya sesuatu yang dilakukan Baron Piere de Fredi Coubertin warga Perancis, dia menghidupkan kembali olympiade dengan tujuan pemersatuan bangsa di seluruh dunia .Disisi lain Indonesia juga melakukan sesuatu perhimpunan, kegiatan untuk pemersatuan bangsa. Salah satunya tengok saja sejarah panjang lahirnya tiga organisasi tertua di Tanah Air yaitu perkumpulan olahraga Indonesia Moeda, PSSI, dan Pelti yang telah hadir di bumi persada ini sebelum dan sesudah lahirnya Boedi Utomo tahun 1908 meski awalnya kehadiran mereka masih bersifat kesukuan. Dan Itu fakta sejarah yang ada yaitu mereka yang masih bersifat individual. Tetapi itu tidak masalah karena tujuannya memang untuk mempersatukan bangsa. Tiga tahun seusai dwitunggal kita Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan 17-8-1945, lahir Pekan Olahraga Nasional Pertama (1948) yang tujuannya tidak lain adalah memperkuat dan mempererat lagi rasa kesatuan dan persatuan bangsa. Kepedulian terhadap sejarah perjuangan bangsa ini menghasilkan era keemasannya olahraga. kepemimpinan Bung Karno sebagai presiden pertama yang tidak pernah lupa atau kabur dengan sejarah perjuangan bangsa ini berhasil mengangkat prestise bangsa maupun prestasi atletnya. Tetapi di mana posisi prestasi olahraga kita saat ini. Jangan lagi kita bicara tingkat Asia, di tingkat Asia Tenggara saja kita bahkan sudah tertinggal jauh dari Thailand dan Malaysia, bahkan mulai terkejar oleh negara yang baru usai perang saudara berkepanjangan, Olahraga pada umumnya dan Sepakbola pada khususnya, sebenarnya merupakan wahana yang tepat sebagai alat pemersatu bangsa ini, yang akhir2 ini semakin diwarnai pesimisme. ketika banyak diwarnai kekerasan, kecurigaan, dan sarat kepentingan berbagai pihak dan golongan.


Sekarang sudah saatnya prestasi olahraga indonesia perlu diperhatikan dan ditingkatkan. perannya sangat terasa menyatukan semua lapisan masyarakat. dari yang tua sampai muda, yang laki-laki sampai perempuan, dari yang kaya sampai yang miskin. Tetapi banyaknya kendala dalam mempersatukan bangsa semakin benyak saja. Tidak bisa kita pungkiri, sebelum menatap dan menuju impian pemersatu, kasus demi kasus terus terjadi dalam persepakbolaan negeri, tak kunjung usai. Entah itu dari klub, kelompok suporter dan yang paling ironi kasus yang terjadi dalam tubuh PSSI. Sepak bola Indonesia sudah parahkah? ataukah hanya retorika dan permainan mereka yang tidak menginginkan kemajuan sepakbola ditanah air?. Mungkinkah semua karena budaya Indonesia, walau terkenal sebagai negara santun tapi pada dasarnya suka akan kekerasan, anarki serta korupsi.

KESIMPULAN


Olahraga memang merupakan suatu sarana untuk memersatukan bangsa hal itu dapat dilihat pada sejarah yang telah dipaparkan diatas. Sebagai contoh olahraga sepak bola yang telah memersatukan suku maupun ras di Indonesia maupun luar negeri. Walaupun demikian kita harus bisa selektif, jangan menjadikan pemecah silaturahmi dikarenakan perbedaan kelompok favorit dalam olahraga. Jangan hanya karena bada pendapat dan beda paham yang seharusnya olahraga menjadi media pemersatu bangsa malah menjadi alat pemecahan bangsa. Sekarang seharusnya semua lapisan masyarakat harus saling memahami dan menghormati sehingga olahraga sebagai ajang atau media pemersatu bangsa berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kekerasan yang dapat memecahkan persatuan bangsa. Setidaknya olahraga sekarang harus diarahkan menjadi olahraga yang sportif dan jujur dari sejak dini karena kebiasaan olahraga yang dituntun sejak dini akan lebih efektif dibandingkan pengarahan setelah usia tua. Hal ini perlu diperhatikan karena olahraga merupakan sarana yang paling evektif utuk media ataupun sarana untuk memersatukan bangsa ini. Sehingga bangsa ini akan semakin maju dan mampu bersaing dengan nagara-negara maju lain. Dan jika pemersatuan bangsa ini dapat menghasilkan kekompakan maka ini akan mengharumkan nama bangsa kita, setelah bertahun-tahun bangsa kita dijajah olah bangsa lain.



Sumber


http://mukhamadaviv.wordpress.com/olahraga-sebagai-media-pemersatu-bangsa/


http://hariansib.com/2007/08/25/menegpora-ri-adhyaksa-dault-letakan-batu-pertama-pembangunan-gor/
http://lapantuju.wordpress.com/2008/02/13/sepakbola-media-pemersatu-bangsa/


Related Posts by Categories